Rabu, 24 Oktober 2012

BAB -1 RUANG LINGKUP BISNIS


A.  Pengertian Bisnis
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok  orang atau organisasi yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Jenis – jenis bisnis :
1.    Monopsoni
Monopsoni adalah satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
2.   oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
3.   Oligopsoni
Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
4.   Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.

B.  Tujuan Kebijakan Bisnis
Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan. Dan meningkatkan nilai guna barang dan jasa, serta mengurangi pengangguran.
C.  Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya, baik individu maupun organisasi di Negara tersebut. Perbedaan mendasar adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara untuk sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dibedakan dari cara sistem mengatur produksi dan alokasi. Perekonomian terencana memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor produksi dan alokasi hasil produksi.
Sistem pasar adalah suatu proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari barang dan jasa tertentu, sehingga dapat menentukan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan. Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produksi yang di hasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, keluar masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Struktur pasar dibagi dua yaitu Pasar persaingan sempurna dan Pasar persaingan tidak sempurna.
D.   Kesempatan Bisnis/Usaha
Mahasiswa banyak mempunyai peluang untuk membuat suatu usaha. Asal ada niat, kemampuan dan materi yang cukup untuk usaha yang akan dibangun. Sebenarnya untuk memulai usaha bisa dari hal yang kecil. Misalnya, Kita mempunyai keahlian memasak. Kita bisa membuat nasi goreng dengan berbagai campuran sayuran dan kita bisa mempromosikannya ke kelas kita terleih dahulu. Jika hasilnya memuaskan maka kita bisa meneruskan dengan makanan yang lain. Dari situ kita bisa belajar membuka usaha sendiri.

E.   Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi

1.    Produksi    : kegiatan yang menghasilkan suatu barang atau jasa.
Pelaku kegiatan produksi disebut produsen.
2.   Konsumsi   : kegiatan mengurangi atau menghabiskaan nilai guna
suatu barang. Konsumen memberikan pada produsen
sebagai alat tukar pembayaran. Pelaku konsumsi
disebut konsumen.
3.   Distribusi  : kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari
produsen ke konsumen. Orang yang melakukan
distribusi disebut distributor.

F.  Hakikat bisnis
Hakikat bisnis adalah memenuhi kebutuhan manusia yang bermanfaat. Manusia selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan mencba meayaninya dengan baik sehingga memberikan kepuasan tersendiri pada masyarakat. Dan dalam dunia bisnis yang selalu dipikirkan adalah kepuasan pelanggan, etika berbinis dan mendapatkan laba.
G.  Mengapa belajar bisnis
Bisnis adalah suatu seni yang bisa mendapatkan kepuasan tersendiri bagi kita sebagai produsen. Menurut saya belajar bisnis adalah hal yang menyenangkan dimana kita bisa mengasah kreativitas, betemu dengan orang lain sebgai konsumen dan kita bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Tetapi jika kita tidak serius dengan suatu bisnis jangan harap bisnis itu akan mendapatkan keuntungan, melainkan kerugian bagi kita. Dan saya sebagai mahasiswi fakultas ekonomi mersa tertantang untuk membuat suatu usaha dengan inovasi baru.

Sumber Data :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar