A. Pengertian
Bisnis
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu
dan sekelompok orang atau organisasi
yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Jenis – jenis bisnis :
1.
Monopsoni
Monopsoni adalah satu pelaku
usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang
atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
2.
oligopoli
Pasar
oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu
barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi
harga.
3.
Oligopsoni
Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih
pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas
barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
4.
Pasar monopoli
Pasar
monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis
barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
B. Tujuan Kebijakan Bisnis
Secara umum tujuan dari bisnis adalah
menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen
dan memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan. Dan meningkatkan nilai
guna barang dan jasa, serta mengurangi pengangguran.
C. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang
digunakan suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya, baik
individu maupun organisasi di Negara tersebut. Perbedaan mendasar adalah
bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, individu boleh memiliki
semua faktor produksi. Sementara untuk sistem lainnya, semua faktor tersebut di
pegang oleh pemerintah.
Selain faktor
produksi, sistem ekonomi juga dibedakan dari cara sistem mengatur produksi dan
alokasi. Perekonomian terencana memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur
faktor produksi dan alokasi hasil produksi.
Sistem pasar adalah suatu proses
interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari barang dan
jasa tertentu, sehingga dapat menentukan harga keseimbangan (harga pasar) dan
jumlah yang di perdagangkan. Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada
beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produksi yang di
hasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, keluar masuk ke dalam industri
dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Struktur pasar dibagi dua yaitu
Pasar persaingan sempurna dan Pasar persaingan tidak sempurna.
D. Kesempatan Bisnis/Usaha
Mahasiswa banyak mempunyai peluang untuk membuat suatu usaha. Asal
ada niat, kemampuan dan materi yang cukup untuk usaha yang akan dibangun. Sebenarnya
untuk memulai usaha bisa dari hal yang kecil. Misalnya, Kita mempunyai keahlian
memasak. Kita bisa membuat nasi goreng dengan berbagai campuran sayuran dan
kita bisa mempromosikannya ke kelas kita terleih dahulu. Jika hasilnya
memuaskan maka kita bisa meneruskan dengan makanan yang lain. Dari situ kita
bisa belajar membuka usaha sendiri.
E. Unsur-unsur penting dalam aktivitas
ekonomi
1.
Produksi : kegiatan yang
menghasilkan suatu barang atau jasa.
Pelaku kegiatan produksi disebut
produsen.
2.
Konsumsi : kegiatan
mengurangi atau menghabiskaan nilai guna
suatu barang. Konsumen memberikan pada
produsen
sebagai alat tukar pembayaran. Pelaku konsumsi
disebut konsumen.
3.
Distribusi : kegiatan
menyalurkan barang atau jasa dari
produsen ke konsumen. Orang yang melakukan
distribusi disebut distributor.
F. Hakikat bisnis
Hakikat bisnis adalah memenuhi
kebutuhan manusia yang bermanfaat. Manusia selalu melihat adanya kebutuhan
masyarakat dan mencba meayaninya dengan baik sehingga memberikan kepuasan
tersendiri pada masyarakat. Dan dalam dunia bisnis yang selalu dipikirkan
adalah kepuasan pelanggan, etika berbinis dan mendapatkan laba.
G. Mengapa belajar bisnis
Bisnis adalah suatu seni yang bisa mendapatkan kepuasan tersendiri
bagi kita sebagai produsen. Menurut saya belajar bisnis adalah hal yang
menyenangkan dimana kita bisa mengasah kreativitas, betemu dengan orang lain
sebgai konsumen dan kita bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut.
Tetapi jika kita tidak serius dengan suatu bisnis jangan harap bisnis itu akan
mendapatkan keuntungan, melainkan kerugian bagi kita. Dan saya sebagai
mahasiswi fakultas ekonomi mersa tertantang untuk membuat suatu usaha dengan
inovasi baru.
Sumber Data :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar